Wednesday, November 22, 2017

Apa Yang Harus Saya Tulis Diblog?

Apa Yang Harus Saya Tulis Diblog? Mysatnite
Sumber pic pixabay tapi saya edit lagi lo

Dengan berbagai banyak konten di internet yang bertaburan dari blog-blog kecil hingga besar, dari yang baru memulai sampai yang sudah veteran, dari amatir sampai yang professional dan dari yang personal sampai media startup.

Beragam tema yang diusung, bahkan ada yang memang sangat mirip dari satu blog keblog lainnya. Pembahasan yang disampaikan pun sebenarnya menuju inti yang sama, namun cara penyampaiannya saja yang berbeda.

Blog-blog besar bersaing dipapan atas pencarian om gugel, membicarakan yang banyak dicari dan dibutuhkan oleh pembaca. Dari beragam tutorial, tips, kesehatan, olahrga, berita yang sedang hangat-hangatnya dan masih banyak lagi.

Saya selalu mendapat nasehat dari berbagai blogger senior untuk menulis konten yang original hasil tulisan sendiri. Saya masih bingung seperti apa konten yang benar-benar original, karena hampir setiap yang ingin saya tulis sudah ada di internet dan dibahas.

Misalnya saja tulisan saya sekarang ini, mungkin sudah ada yang membahasnya diluar sana. Saya mengklaim ini hasil konten original karena memang saya menulisnya sendiri dan memang lahir dari keresahan saya.

Tapi kemungkinan ada beberapa orang akan menganggap ini tulisan plagiat karena sudah ada yang membahasnya, bahkan jauh lebih dulu dari punya saya. Mungkin dari satu atau dua tahun yang lalu, hanya saja beda cara penyampaiannya saja.

Jangan lupa baca juga : Menjadi Penulis Tanpa Bakat

Jadi seperti apa konten yang original?


Dari berbagai sumber yang saya baca dan pemahaman yang diberikan oleh beberapa blogger senior. Konten original adalah tulisan asli, bukan hasil dari copy paste ataupun plagiat. Bisa juga dengan penulisan konten yang unik beda dari yang lainnya.

Saya selalu mencoba menulis dengan cara sendiri supaya beda gitu, tapi kadang masih saja ada yang sama dengan yang lain. Seperti beberpa hari yang lalu saya dan teman saya sendiri menulis konten yang memiliki isi yang sama namun cara penyampaian yang beda.

Bahkan dua kali terjadi, kami tetap mengklaim bahwa tulisan kami original hasil sendiri. Kalau mau bilang siapa yang lebih dulu mungkin saya lebih duluan satu hari. Meski begitu kami tidak mempermasalahkannya mungkin hanya sebuah kebetulan.

Kami hanya tertawa saja, meski perbedaan dari gaya bahasa dan beberpa poin didalamnya namun tetap tema yang disampaikan sama.

Jadi menurut saya pribadi untuk menulis yang benar-benar 100 persen original itu sedikit sulit bagi saya, karena kemungkinan apa yang kita bahas sudah pernah dibahas oleh blogger lain.

Atau memang pemikiran saya yang masih standar untuk membuat sebuah konten original, mungkin saya harus lebih kreatif lagi.

Jadi apa yang harus saya tulis di blog?


Lagi lagi saya dapat pencerahan dari beberapa blogger yang sudah lebih dulu terjun di dunia perbloggeran dan mereka memberikan saran untuk tulisan apa yang harus di posting di blog.

Tulislah konten yang bermanfaat dan berguna untuk para pembaca 


Seperti tips, tutorial atau informasi lain yang memang dibutuhkan. Tidak mesti harus tips dan tutorial juga, masih banyak konten yang bisa dibagikan dan bermanfaat.

Mungkin untuk yang satu ini saya belum bisa memberikan manfaat atau informasi yang dibutuhkan para pembaca. Namun saya selalu berusaha menyajikan konten yang menurut saya baik dan tidak menyalahi aturan ataupun menyinggung isu Sara dan berita Hoax.


Tulis saja sesuai apa yang kamu bisa


Tidak perlu memaksakan diri untuk menulis yang memang diluar jangkauan, meskipun hal itu bermanfaat. Tulis apa yang kamu pahami saja, kalau belum paham buat apa ditulis yang ada hanya bikin pusing dan beban diri.

Untuk yang satu ini mungkin sudah saya terapkan, saya selalu menulis apa yang saya ingin tulis. Memang dari awal ngeblog juga masih bingung dan labil soal niche diblog ini.

Hasilnya saya menulis apa yang ingin saya tulis saja, sesuai keresahan yang sedang saya rasakan. Saat ide muncul langsung saya tulis, meski kadang tidak semua di tulis. Karena saya juga harus pertimbangkan pantas atau tidaknya tulisan saya ini di posting.

...
Sampai saat ini saya masih bingung apa yang harus saya tulis diblog ini, karena memang saya masih labil untuk menentukan niche yang tepat.

Untuk sekarang mungkin saya hanya menikmati aktifitas ngeblog sesuai keinginan saya sendiri. Konten apa yang ingin saya tulis, sesuai apa yang sedang saya rasakan saja.

Tapi bukan berarti saya mengabaikan untuk menulis artikel yang bermanfaat dan berguna suatu saat nanti.

62 komentar

There's nothing new under the sun. Tp saya pernah menulis beberapa postingan di blog saya, karena pas googling justru belum ada artikelnya sama sekali.

Terus, dari apa yg saya baca, blogger newbie sekalipun masih bisa mengalahkan artikel para mastah di SERP asal lebih lengkap dan berfaedah (plus SEO juga sih).

Semangat utk terus menulis Adi!

untuk artikel yang benar-benar orisinil sangat sulit
kecuali kalau kita wartawan

Lha kita, setiap hari juga kerja offline, tapi bukan reporter
Tiru-tiru dikit tak apalah

Memang sulit bangat yg original, klo cerpen biasanya original loh, hehe

Saya baca tulisan ini jadi termptivasi buat nulis.. tambahin satu label lagi dong yaitu Motivasi ..saya yakin suatu saat tulisan seperti ini bakal jadi motivasi bagus buat yang ingin terjun / merintis blog

Siip, aktif menulis dan mempublikasikannya dengan jadwal teratur adalah pekerjaan yang cukup sulit bagi saya mas Adi, untuk original karya tulis memang ada beberapa sudut pandang namun kayaknya mesin "pakde Gugel" nampaknya punya kebijakan khusus yang kadang kurang bisa dipahami secara umum, buktinya banyak tulisan plagiat tapi anehnya "mejeng" di halaman pertama...sependapat deh dengan mas Adi, "pokoke nulis disek sa'mampune" yg kira-kira bisa memberikan manfaat

kalo mau nulis secara ori ya tentu harus nyari tema bahasan yg beda dengan oorang lain, mas. cuma kadang nggak sengaja ada yg mirip tanpa sepengetahuan kita juga. yg pasti menulis dengan sesuatu yg beda dan dengan gebrakan tiap individu.

kalau saya blog ini sudah mempunyai style dan sudah dikenal pula tetaplah dalam pakem itu kalau ingin menulis blog dengan niche tertentu, lebih baik membangun blog baru

hal menakutkan bagi seorang penulis, hilangnya motivasi menulis..
..
nice bang.. ttep semangat

Sepertinya mas adi punya misi jangka panjang nih yg masih di sembunyuinn? Hayoooo...

saya juga bingung mau nulis apa, hehe

Apa yang harus saya tulis di blog? Saya tulis apa yang mampu saya tulis, kemungkinan bahasan sama itu pasti ada kadang tulisan saya terinspirasi dari baca-baca, saya juga kadang menulis tentang keseharian saya, sama-sama manusia kadang ada kesamaan jg dlm keseharian bedanya mungkin dari gaya bahasa penulisan

pengen banget nulis yang bermanfaat, tapi hal yg bermanfaat ketika ditulis secara teknis, susah dicerna sama orang T.T

tapi ya itu, tulis semampu kita. whahahahaha

Bener mbak Annisa
banyak juga blogger newbie yang bisa bersaing soal SEO
Makasih mbak Annisa :D

Bener mang, membuat yang original memang sulit karena pasti ada dikit2 yang sama :D

Nanti tak coba bikin cerpen mas idris :D

Makasih PakUdin
waah coba aja pak nulis diblog, insyaAllah nanti saya tambahin :D

Bener Mas Nedi, yang penting kita nulis dulu yang semampu kita
semoga saja bisa berguna dan bermanfaat untuk yang baca :D

Bener mas beny, tidak akan mudah untuk mencari beda
tapi berusaha untuk beda mungkin bisa walaupun tidak 100 persen :D

Iya mang, mungkin saya pertahanin deh gaya penulisan saya seperti ini hehe
nanti kalo ada waktunya saya bisa bikin blog satu lagi..skrang fokus yang ini saja :D

Saya juga begitu mbak mayang, nulis apa yang ingin saya tulis aja :D

Hahahaha misi dari NASA mas irvan :D

Bener mbak maya, mungkin dari bahasa penulisan dan cara penyamapaian nya saja yang beda :D

Bener mas Andie, tulis yang semampu kita saja yang penting tidak mengarah ke HOAX dan isu SARA

Saya setuju mas Adi, tulis apa saja di blog asal bermanfaat buat pembaca, selagi kita bisa menulis sesuai passion dan kemampuan kita, yakinlah akan tetap ada orang yang suka dan mau membacanya...

kadang situasi ini juga menjerat saya...
masalahnya banyak kerjaanlah, banyak deadline yang mendesaklah, pake acara kawankan keluarga jalan-jalan lah, dan banyak lah lainnya mas. kadang kalau udah malas susah bangkit rajin lagi. tapi saya jalan aja seadanya dan tidak memikirkan beban keharusan dalam menulis. karena waktu dulu saya juga mempunyai jadwal menulis, baik itu untuk blog probadi, review, dan lainnya. termasuk laporan kantor. tapi sekarang saya abaikan, kalau lagi mood tulis, tapi tetap mencari suatu yang menarik lalu bikin kerangka dan siapkan foto. kapan kena rajinnya ya saya tulis. sementara itu mas, sisanya saya pasrah sambil berdoa semoga bisa nyicip duit dari ngeblog lagi. heeeee

kadang bingung juga bisa nulis walau itu juga membingungkan. heee

sekarang kayaknya tulisan santai yang banyak di baca. kalau serius kayaknya malas baca mas. oh ya tulisan gak terlalu panjang juga. kadang bahanya blog walker siluman itu dia baca judul langsung komen... habis ninggalin link minta dikunjungi balik. makanya sabar, walau masih bingung nulis, tapi sabar juga bisa dijadikan obat bingung mas. suwer deh

Sama, Di.
Aku yang udah 1 tahunan ngeblog lagi juga kadang rada bingung mau nentuin niche blog ku. Mau dibawa kemana ini blog? Hahaha. Ya..ending-endingnya memang cuma nulis yang ada melintas di pikiran aja, Kadang curhatan, kadang juga iseng-iseng ikutan lomba blog (walopun banyak kalahnya xD)

oleh kerana saya suka travel, maka isi blog lebih kepada travel. idea senang diperoleh sebab berdasarkan pengalaman.

seperkara, saya tidak suka berkongsi hal-hal peribadi di blog. sebab saya bukan siapa-siapa ;-)

Iya mang, saya skrng nikamtin aja, nulis sesuai passion. Jd ngblog gk terbebani :D

Bener banget mbah dinan, nulis klo memang ada yg ingin d tulis
Jadi tidak terlalu terbebani
Ngeblog d bwa asyik aja :D

semangat dek semoga blognya semakin maju dan semakin banyak trafik organik bukan hanya dari visitor blogwalkiing

Bahkan ide-ide baru itu bisa saja muncul dari gabungan dua ide yang sudah dibuat orang lain misalnya. Setuju sih, menulis saja yang bermanfaat dan dekat dengan kita, dengan begitu akan jauh lebih nyaman buat menyampaikannya. Abis baca ini langsung merenung, isi blog saya nggak jelas, gado-gado. Kadang mau menulis fiksi, kadang resep, kadang nonfiksi...tapi saya nyaman, ya sudah, disebut apa pun itu semoga bermanfaat :D

kalo saya nulis se'ada'nya ide aja. gak ada target. blog nya pun gado-gado, apa aja dibahas. tapi lebih bnyk curhatan si. wehehehe ..
yg penting happy lah. hehe

jadi yang harus saya tulis apa? ahahaha

apa ya, bingung juga..jadi kalau muncul ide, ngalir aja nulisnya gitu,
namanya blog mixer.. hihi

dalam hal ini saya lebih senang menulis apa yang saya suka, sisanya akan mengalir

kadang pas lagi malas banget, saya bawa jalan mas. lihat suasana lain biar gak bosan. tapi jangan bawa laptop... nanti stress lagi kalau ingat beban nulis. heeee

Semngat terus mas wisnu
saya aja sekrang nikmatin aja
nulis apa yang penge saya tulis aja :D
saya ikut lomba jg gak pernah menang :D

Bener kak anies
sesai pengalaman dan senang hati saja :D

Tai tak apa kak anies
buat berbagi, siapa tau ada yang tertarik dengan kisah kita orang :D

Iya mang, makasih mang hehe
punya mamang jg smoga bisa naik lagi blognya dan kembali dalam kejayaanya :D

haahaha, punya saya aja gado gado mbak
Tapi fiksi mbak muyas bagus, bikin baper kalo bacanya :D

Saya juga lebih bnyak curcol di sini haha
tapi sedikit di samarin aja mbak ;D

Di kira ngadon kue kali mbak nia
pake mixer :D

Memang lebih nyaman kalo kita nulis sesuai apa yang kita sukai mas yudy :D

Kalo saya sih mas,,,menulis apa aja,,,kalo lg males nulis,,tanganya taru aja di atas pc nanti juga nari nari sendiri..heee,,salm sukses mas adi" semangaaaat.

ini saya sudah nulis hahaha,,,, atau saya ngetik ya...

ya bingung juga yaa.. kadang kita nulis berdasar pemikiran sendiri tapi kok adaaa aja yg mirip. entah punya kita duluan atau orang lain duluan yg terbit.. coincidence..

-Traveler Paruh Waktu

Ide boleh sama tapi sudut pandang,gaya bahasa,cara penyampaian jika artikelnya orisinil saya yakin pasti akan berbeda

Aku nulis apa yg aku mau tulis. Gitu aja :D

iya mbak beby, memang paling enak nulis apa yg kita inginkan :D

tulis la dari hati..

nanti penulisan akan lebih sedap dan segar untuk dibaca.

Mari kita menulis, dan berkarya selalu... :)

TUlis aja dari pengalaman sendiri, siapa tau akan bermanfaat bagi orang lain. Atau sering jalan-jalan ke suatu tempat wisata atau kuliner, terus review tempat rekreasi tersebut di blog, nah pasti akan dapat ide dari sini..

iya mas hendra, tp kdang suka bingung hehe :D

mari kita berbagi dgn tulisan mas hehe :D

Menulis blog dengan gembira. Kira-kira seperti itulah semangat saya ketika menulis di blog. Saya tidak mau mengekang diri sendiri, membuat jadwal yang ketat untuk konten blog. Saya pun hanya menulis apa yang ada di sekitar saya, seperti tentang anak, jalan-jalan, sekadar sharing pemikiran dan perasaan, juga tentang materi dan contoh soal di sekolah dasar karena kebetulan saya soerang guru sd. :D

Sekali lagi, intinya menulis dengan gembira. tanpa beban. :D

Silahkan untuk berkomentar, siapa tau bisa saling kenal dan saling sharing. Sekedar tegur sapa dalam kolom komentar mungkin akan berlanjut untuk kopdar, sejatinya menjalin pertemanan itu lebih indah. Kalau pun ada kekurangan silahkan untuk kritik beserta sarannya. Jangan menyematkan link hidup di kolom komentar.
EmoticonEmoticon