Wednesday, February 14, 2018

4 Nasihat Para Blogger Yang Pernah Saya Dengar

MySatnite.com - Nasihat Yang Sering Saya Dengar

Nasihat Para Blogger Yang Pernah Saya Dengar
Sumber pic ya masih dari pixabay, disana yg cuma mengerti saya karena gratis dan legal



Saya mungkin baru-baru ini terfokus didunia blogging, pada awalnya saya memulai blog ditahun 2010. Namun begitu banyak kendala yang pada akhirnya vakum sampai waktu yang lama. Beberapa kali saya mencoba mulai blogging lagi tapi berakhir sama.

Dari mulai blog tentang komik, blog donwload, streaming, personal, gado-gado sampai blog yang hanya membahas berita viral.

Beberapa kali gagal di dunia blogging tetap saja tidak membuat saya menyerah begitu saja, sampai akhirnya saya memulai blogging lagi dengan Mysatnite yang niche nya juga saya tidak tau tentang apa.

Banyak blogger yang saya kenal meski hanya bertegur sapa dalam maya, dari tegur sapa itu banyak pelajaran yang saya dapatkan. Terutama nasihat yang mereka berikan benar-benar mampu mengembalikan semangat dan energi postitif buat saya.

Jangan lupa baca juga : Belajar Dari Kucing Untuk Membuat Sebuah Konten

Jangan membuang banyak waktu kamu


Ketika memulai blogging untuk pertama kalinya atau mulai membangun blog baru tentunya lalu lintas yang kita miliki itu sangat sedikit.

Tentu saja, kita harus memulai membuat konten dan mulai mempromosikan blog kita. Tapi tidak semudah itu untuk menarik pengunjung dengan hanya membuat konten dan promosi saja.

Blog yang baru pastinya belum terlihat dan dikenal, alih-alih kita menulis untuk menambah konten dan mempromosikannya, terkadang kita hanya asyik bersosial media dan mengharapkan pengunjung datang dengan sendirinya.

Nasihat dari para blogger bilang janganlah buang waktumu, luangkanlah setidaknya satu jam untuk mempromosikan blog.

Misalnya dengan menjadi penulis tamu di blog-blog besar, media, berkomentar di blog lain, berinteraksi di forum yang memiliki kesamaan dengan niche blog kita, dan lain sebagainya.

Tentunya jangan membuang waktumu untuk bersantai dan mengabaikan blog kamu.

Artikel kamu kurang bermutu atau tidak menarik


Untuk beberapa blogger bisa menghasilkan postingan yang hebat dan kaya konten setiap harinya. Tapi tidak semua mampu melakukannya, apa lagi untuk kita yang masih pemula.

Terkadang kita menemukan ide dan menulis apa saja yang ingin kita tulis lalu menekan tombol publish, itu memang sesuatu kebanggan dan rasa lega di hati.

Tapi kadang kita melupakan sesuatu hanya untuk sekedar memenuhi target sewenang-wenang kita, update setiap hari dan masa bodo dengan konten kita.

Nasihat dari para blogger bilang, luangkanlah waktu yang lebih lama disetiap postingan kamu dan lihatlah kesalahan-kesalahan umum blogging yang sering dilakukan.

Seperti ada typo, paragraf yang tidak rapih, tanda baca yang tidak pas, tata bahasa yang sulit dipahami dan pembahasan yang terlalu panjang lebar.

Lebih baik bersabar dan menunggu beberapa hari untuk di evaluasi lagi dan mengeditnya kembali. Jadikan ini sebuah kebiasaan maka alam bawah sadarmu akan terbiasa dengan postingan yang baik dan rapih.


Pembaca tidak menyukai blog kita


Kita mungkin pernah mampir di suatu blog yang isinya ternyata begitu banyak iklan bertebaran dimana-mana.

Meskipun kontennya beragam dan pembahasannya mendalam, tapi merasa terganggu dengan iklan.

Tidak ada yang salah dengan ini, setiap blogger juga butuh timbal balik dari apa yang mereka sudah berikan dalam konten mereka.

Apa lagi konten yang diberikan sangat bernilai dan luar biasa, tentu kita membutuhnkanya.

Nasihat dari para blogger bilang, buatlah nyaman pembaca dan pengunjung kamu terlebih dahulu. Jangan berambisi untuk kepentingan uang semata, nikmati blogging dengan rasa memberi. Soal timbal balik itu pasti, ada saatnya kita akan mendapatkannya.

Untuk seorang pemula mungkin kita harus membangun kepercayaan terlebih dahulu apa yang diinginkan pembaca.  Postingan pendek?, pembahasan yang mendalam?, atau sekedar postingan ringan yang sedang viral.


Kita mulai lelah dan kehabisan waktu, terkadang juga merasa bosan


Kita mungkin punya kegiatan lain di luar blogging, sperti bekerja, study, dan mengurus keluarga. Atau mungkin semuanya dalam bersamaan.

Dilain sisi kita ingin bertahan dalam dunia blogging, tapi waktu yang kita miliki tidak begitu banyak. Terkadang kita mulai merasa lelah untuk membuat sebuah postingan reguler.

Pada akhirnya kita jenuh dan bosan, ini akan berdampak dengan postingan yang kita tulis. Terkadang hanya sekedar yang penting ada postingan,  kita menulis asal saja lalu mengabaikannya. Postingan akan terasa biasa dan mulai ditinggalkan pembaca.

Nasihat dari para blogger bilang, jika kamu merasa mulai kehabisan waktu dan lelah maka istirahatlah. Ambil cuti ngeblog untuk beberapa hari atau beberapa minggu kedepan.

Beritahu para pembacamu atau yang sering mampir keblog kamu bahwa kamu tidak update untuk beberapa mingu kedepan dan akan segera kembali lagi.

Kamu bisa menikmati waktumu dengan keluarga dan refreshing, ketika kembali dalam blogging kamu merasa fresh dan mulai dengan ide-ide baru yang akan memanjakan mata para pembaca.

>***<

Jangan lupa baca juga : Tidak Memiliki Cukup Waktu Untuk Blog Kita Sendiri

Itulah beberapa nasihat dari para blogger yang pernah saya dengar, tentunya masih banyak lagi nasihat yang mampu membuat  kita semangat untuk ngeblog.Tapi tidak akan habis untuk dibahas dalam satu artikel.

Meskipun Mysatnite belum banyak menerapkan nasihat-nasihat diatas, seperti banyaknya typo dan tulisan yang sekedar saja.

Blogging itu asyik bagi yang mampu menikmati, banyak pengetahuan yang kita dapatkan dari membaca beberapa blog lain.

Seperti teknik blogging, tempat wisata, resep masakan, ataupun pengalaman pribadi yang mampu menginspirasi kita selain materi. Tentu saja ada bonus lain yang akan kita dapat tergantung seberapa besar effort dalam membuat konten dan membangun blog kita sendiri.

Seperti kata Mang Maman sering update blog agar traffic stabil dan cepet gajian hehe. Posting harian memang bisa menjadi strategi yang sangat bagus jika kita memiliki blog yang tepat.

82 komentar

nah tuh apalagi bang posting secara teratur biar trafik juga stabil cepat gajiannya aku ini 7 bulan baru bisa gajian lagi

Tantangan terbesar ngeblog menurut saya ada di point 4 mas.. yaitu "mengalahkan" kebosanan dalam diri sendiri... ketika motivasi dalam diri ini menurun, sulit banget untuk menaikkannya lagi. padahal draf tulisan/post untuk blog sudah tersusun.

salam semangat aja deh. Semoga sukses selalu Mas. :D

Benr mang, kalo bisa posting teratur memang bisa stabil traffic, tapi kadang kendala di dunia nyata yang memang sulit untuk teratur mang hehe saya belum gajian :D

Bener mas Fajrin, rasa bosan memang sering melanda kita.
Makanya dibawahnya kan ada nasihat dari para blogger untuk sejenak ambil cuti, skedar merefresh otak. :D

Postingannya makin berbobot mas, pertahankan, tingkatkan dan lanjutkan, hehe..

Trims ada saya di setiap post mas adi..

kalau saya, masih di soal moody..
write with heart :)

kalau gajian, jangan lupa traktir ya! haha

Yang terakhir saya Mas,..kadang ada bosannya..Apalagi pas kosong enggak ada gajian #eh :D

Enak ya bisa gajian dari ngeblog?
Saya kapan ya? Hehehe....
Saya pribadi masih suka blog tanpa iklan. Di samping tidak tahu caranya, juga karena niat awalnya memang hanya untuk berbagi. Entahlah kalo suatu saat berubah pikiran.

Yang ketiga suka bngt quotnya "nikmati blogging dgn rasa memberi "

Susahnya menjalani dunia blogging saya aja masih labil, kadang sudah rajin kadang malah gak ke urus sama sekali. Susah di poin ke empat kalo masalah bosan datang pasti ndak ke urus lagi sudah.

Yaa!! Memang tidak mudah menjadi seorang blogger handal & luar biasa.

Dulu waktu tahun 2001 saya sangat serius didunia blogging cuma tidak lama, karena kebentur mengurus anak.. Jadi ngeblog yaa! Buat santai dan iseng saja..karena banyak hal lain yang perlu saya urus...

Tapi untuk para blogger lainnya kalau bisa ngeblog yaa!! Punya penghasilan serta qualitas

De, cara mencari blogger tamu di blog orang lain itu, gimana caranya?

Iya mang, makasih mang. Tapi masih jauh mang dari postingan blogger lain yg keren2.

sama sama mang hehe :D

Nulis pake tangan bukan pake hati neng..
traktir apa? mie ayam apa pisang goreng :D

Hahaha kalo saya semuanya kayaknya mbak Dian, sering malesnya.. saya jg belum pernah gajian :D

Saya jg belum pernah gajian mbak sitti
nanti pasti ada waktunya, sekrang nikmatin saja ngblognya :D

Saya sering kalau merasa bosan. Tapi ya nanti pasti rindu dan mengurusnya lg setelah pikiran fresh. Karena sudah senang di dunia kedua ini. Happy blogging 😊

Memang susah si mas anggar, saya juga berapa kali jatuh gak bangun2 dr blogging.
rasa bosan dan malas yg sering menhampiri memang :D

Waah ini mah suhu, sungkem mas Satria.
teman ngeblog saya aja udah pada hbis ada yg lari ke youtube ada yg fokus dgn pekerjaan dunia nyatanya :D

Banyak cara kok bun, coba di trivia, hipwe dulu.
daftar disana, bisa langsung log-in dengan facebooj jg kok
nah disana kita bisa langsung nulis apa aja sesuai kategori yg kita inginkan. itu untuk media.

kalo untuk blog, bisa langsung hubungi adminnya, atau kirim tulisan ke emailnya. Itu kalo blognya nerima tulisan tamu.
contoh Mysatnite, kalo berminat silahkan kirim saja tulisan ke email saya bun. ini untuk blog orang lain. :D

Bener banget mbak Anggun, rasa bosan sering melanda memang.
kalo memang sudah mulai aasyik dengan bloggin sejauh apapun pergi pasti kembali lagi :D

aku lagi berusaha rutin ngeblog nih 2x seminggu. semoga aja trafficnya bisa naik

saya gak suka bakso, itu panggil2 ko ko ko..

Memang begitu Mas,, Blogger A bilang kamu harus begini begini, Blogger B bilang kamu harus begitu begitu.

itulah manfaat dari banyak teman blogger, apa lagi masing masing blogger keahlihanya beda beda. kita bisa menyerap ilmu dari mereka

akhirnya selamat datang kembali wongcrewchild

kalo saya biasanya bingung mau bikin konten apa buat nulis yang akhirnya blog jarang dibuka,,ujung2nya males hehehehe

Habis in blog saya pake akun cewek ha...?

Nasihatnya benar semua tuh Mas. Pasti mastah tuh yang ngasih nasihat. :D

Aamiin teh, smoga aja trafficnya naik dan stabil :D

Iya kang, indahnya punya banyak sahabat blogger
bisa saling sharing ilmu, yg pastinya bisa bermanfaat untuk kita :D

Iya kang, itu termasuk mang Rusdi yg sering beri nasihat :D

Saya juga sering males mas Ismail
tapi kadang sayang banget klo terbengkalai :D

Kenapa pake akun cewek, ini cewek apa bukan admin dari Triknews ? :D

Iya mas Azis, yg pasti mereka sudah jauh lebih di atas saya dan punya banyak pengetahuan yg bs saya belajar :D

Kalau saya adalah salah satu blogger yang gak bisa di buru-buru untuk buat konten.

Apalagi konten blog saya soal cerpen. Bener-bener harus dalam keadaan fokus dan penuh imajinasi dalam pembuat kontennya.

Soal trafik saya belum terlalu mikir walaupun udah terpasang iklan google adsensenya.

Mau gimana lagi kalau saya buru-buru buat kontennya malah gak maksimal hasilnya.

Mending 1 postingan dalam seminggu agar meresap di angan sang pembacanya..


Itu sih pandangan saya (blogger males) sob.


Mantap deh nasihatnya... esok pasti akan saya laksanakan, tapi entah kapan.

Kalau soal gajian... kayanya gak ada harapan saya... heheh

Nasihat siapakah itu?? Keren sekali. Tapi yang paling utama sih niat dan komitmen untuk mengurus blog dan meningkatkan kualitasnya agar lebih baik dari sebelumnya... Postingan ini sekaligus nasihat untuk saya juga sebagai blogger kemarin sore.. Nice share

Wkwkwk tepat sekali sepertinya saya harus mempraktekan nasihat di atas karena saya sering sekali malas dan kayaknya emang konten saya kurang di sukai :)

aku dulu waktu awal juga punya banyak blog, tapi semuanya gak keurus, cuma buat blog dan gak tau harus post apaan, .. pernah juga buat blog download, sekarang msh ada cuma jarang update, krna ribet urusan uploud file-file nya, miskin kuota kalo gak ada wifi, tapi itu jadi blog kedua yg masih diurusin .. dan kalo sekarang fokus ke blog pribadi, isinya cerita apa aja yg pengen di ceritain, dan yah banyak cerita-cerita gak penting gitu si hehehe

jelek bagus saya kok pusing kalau belum update menulis di blog he..he..

Ngeblog emang asik ya mas..
Nambah wawasan, nambah temen..
Yang penting mah konsisten update.
Konsiten nulis..
Jangan kaya aku,, dong dong hehe

Numpang absen nich 'min , :) Hadir walau telat, soalnya ojeknya sedang tampal ban. :)

Sama saya juga pernah mendengar dan membaca nasehat seperti itu, selagi baik yach kita coba2 saja, tpi klu buruk yach kita pending saja nasehatnya. :) Betul ?

Setiap orang memiliki pandangan tersendiri, memiliki cara ngeblog masing-masing.
tidak harus erfokus pada satu tujuan.
soal update konten itu tergantung sebisa kita, kalo menurut kita 1 minggu sekali itu lebih baik ya yg penting rutin 1 mggu sekali.
semua orang bebas beropini :D

Yang pasti ini nasihat untuk kita semua ya mas Hendra
untuk saya pun begitu yang masih tahap pembelajaran :D

Ayo semangat Mas Mayuf
soal konten di sukai atau tidak itu ya itu urusan pembaca aja mas mayuf, tulis saja yg bisa mas mayuf tulis :D

memang paling enak itu ngurus blog personal, bebas mau update kapan aja gak mikirin apa-apa.
bebas mau nulis apapun selagi ada yang baca aja hehe :D

Nah berarti memang sudah kebiasaan mas Agus yang rajin nulis, kalo saya malah bnyak males nya mas :D

Bener mas Irvan, ngeblog itu memang asyik tergantung kita bisa menikmatinya apa engga :D

Gak naik kereta si :D
Bener, selagi baik dan bisa kita ikuti ya ikuti. Kalau belum bisa y kita pakai cara sendiri saja :D

kayanya mang admin baru gajihan adsense-nya nih, semangat ngblognya luar biasa, kemanapun saya maen ke blog tetangga selalu ada wajahnya, postingannya ge makin makjleb...mirkisip-lah mang, sayangnya admin sampe sekarang masih JONES plus TRAGIS....hayo ada lawan jenis yang JONES juga-kah...silahkan hubungi kontak..okeh

salam kenal mas adi....
duhh memang nasihatnya mengena pisan euy..hhihihi

apa yang saya alami dulu memnag pernah vacum lama gak nulis karena itu penyakit malas nyaa yang memang selalu gentayangan mass...hhehhe

semoga sama nasihat-nasihat ini bisa merubah segalanya menjadi lebih banyak teman..hheheh

2010 saya juga mulai membuat cikal bakal dari wisnutri.com, tapi cuma diisi konten copy-paste dari note facebook temen, dan setelah itu juga mangkrak nggak keurus. Daaaan, nggak pernah nyentuh dashboard blogspot sama sekali sampai lulus kuliah.

1 blogpost setiap hari? Nggak sanggup saya. Masih minim bahan buat ditulis jadi konten yang apik & menarik. Takutnya malah jadi asal-asalan dan yang baca sedikit ^^

adakalanya saat kita posting artikel ada yang suka juga pasti ada yang tidak suka.

kalau menurut saya sih wajar karena enggak mungkin mengikuti selera semua orang.

apalagi mood seseorang bisa berbeda.

Yang penting menurut saya sih terus berlatih menulis, walau pun enggak d posting.

itu cuma pendapat loh. :)

Hahhaha Belum ada Gajian mang. Semangat ngeblog karena lagi gak ada kerjaan. -_- Sudah Jones di tambah Tragis lagi itu gimana mang hahaha. :D

Salam kenal juga Kang Yuli.
Nasihat nasihat diatas memang mengena banget untuk kita.
Apa lagi seperti saya yg pemula hehe :D

berarti sama kita Mas Wisnu, saya juga awal ngblog isinya copas semua gak ada yg nulis sendiri.
Saya pun tidak menulis setiap hari, kalo lagi ada ide aja nulis. :D

Bener mas Wibowo, yg penting kita nulis apa yg ingin kita tulis saja.
Kalo saya si nulis untuk diri sendiri aja, karena semua yg di tulis di sini pengalaman pribadi :D

Terkadang emang susah kalo posting khusus niche tertentu, itu saya sih, gatau yang lain... Berasa dikekang, enakan post apa aja yang terlintas di fikiran, sing penting bermanfaat hehe

Banyak nasehat yang kita dapat, semoga makin semangat dan makin tahu celahnya dalam urusan blog
saya akan jeda posting pada waktu-waktu tertentu walau tidak terjadwal
menyesuaikan kondisi di dunia nyata karena sebagai orang kecil harus manut pada aturan hehe
oh ya sekalian saya minta maaf karena sering terlambat untuk bersilaturahmi ke blog tetangga termasuk blog mysatnite

tapi saya akan berusaha untuk hadir agar silaturahmi tetap terjaga

nasehatnya bisa untuk nasehat saya juga kan hehe ...

Wah keren-keren nih kang nasehatnya. Sebagai blogger pemula saya mau salim. Hehehe. Anyway, kayaknya baru pertama kali deh main ke sini. Salam kenal yaa. \(w)/

Itu, ibarat sudah jatuh tertimpa duren mas hahaha

Saya sudah tidak bisa lagi komentar mas

Waaah, nasihat yang penting pula bagi saya nih..., yang masih belajar ngeblog. Makasih banyak ya, Mas.

Emang ada hubungannya ya antara rajin posting dan gajian? 😅

Gimana caranya?

Jangan Buang waktumu...ini yang kadang masih dilakukan,Semestinya fokus pada membuat artikel baru promosinya...apalagi bagi blog baru.Masa artikel masih sedikit tapi lebih banyak menebar link

yang utama versi sha sih, nikmatin :) nikmatin setiap proses ngeblog.

Buat nomor 3, kalau sha tipe-tipe yang nulis langsung publish hahaha

Bagus-bagus nasehatnya.
Terutama buat pemula seperti kami.

Dulu sih, aku sering denger masukan2 semacam ini juga
Sering menerapkan
Sering mewujudkan

Tapi lama-lama aku jadi capek sendiri. Kok kemudian ngeblog jadi serba nggak enak, serba mesti ikut ketentuan dan serba tertekan gitu

Akhirnya aku ambil jalan pemberontak
Ngeblof sesuka hati, nggak terlalu mikirin opini pembaca

Karena pada dasarnya kan dulu aku ngeblog buat diri sendiri, buat kesenangan hati sendiri. Kalau orang jadi ikut suka dan baca, syukurlah. Kalau orang nggak suka, yaudah gak usah mampir juga gak apa-apa

Karenanya sekarang aku ngelog nya jadi lebih enjoy, beneran jadi hobi karena bikin refresh, bisa lebih sering juga karena nggak kebanyakan mikir pertimbangan ini-itu, walaupun harus menerima konsekuensi blog ku jadi gak rame. Tapi gak apa apa lah yg penting ngeblog senang hatipun senang hehehehe

kapan-kapan mau bikin artikel tentang ini ah

Kita mulai lelah dan kehabisan waktu, terkadang juga merasa bosan

ini yg kadang saya alami bang.. lelah karena kerja trus jadinya jarang bikin artikel

Saya sepakat sama komen Aul. Intinya tetap sesuka hati aja dan jangan sampai terbebani saat ngeblog. Penulis akan selalu punya pembacanya sendiri. Terlalu banyak dengerin komentar orang, malah bikin ribet. Kritik dan saran tetap terima, tapi yang utama harus nyaman dengan diri sendiri setiap bikin kontennya.

Dulu saya mempermasalahkan komentar dan bw yang singkat-singkat seperti nggak baca atau memang beneran nggak baca. Entahlah. Ya, karena saya memang sebel sama hal itu. Namun, lama-lama biasa saja. Kalo nggak suka, komentar bisa dihapus. Terus blogwalking sesantainya aja. Pas lagi sibuk dan belum sempet blogwalking, ya saya nggak mau maksain. Nanti juga ada waktunya ketika luang. Bisa sekalian bw banyak pula. :)

Tahun 2017, blog sempat terlantar gara-gara belum bisa bagi waktu dengan kerjaan. Tahun ini berencana buat aktif ngblog lagi dan berharap ga pernah bosan buat ngblog. Rasa bosan dan malas kadang pengaruhi kualitas blogging..hiiks

aku juga sering dapat nasihat dari blogger lain berupa kritik dan saran. nah dari sana aku mulai coba berpikir ttg tsb utk dijadikan bahan evaluasi juga.

kerja blogger tidak pernah cuti juga buat saya...

cuma ada slow down sahaja..

Membuang buang waktu dan tidak mampu mengatasi rasa bosan yang sekarang masih belum bisa saya atasi mas, semoga dengan membaca artikel ini saya kedepannya jadi lebih baik. Amin

Sifat kebosanan dan kerasa habis ide ini yang buat mentok dan kadang jadi males bang, hehe

Nasehat saya... hahahaha.. abaikan semua nasehat tadi dan kemudian temukan jalan sendiri.

Tanpa menemukan apa yang kita mau, dan cara yang kita nikmati, yang ada hanyalah tekanan saja.

Mau menulis jam-jaman, harian, atau bulanan, kalau kita menikmatinya, setidaknya sudah ada yang didapat, yaitu kegembiraan dan kebahagiaan ngeblog.

Tetapi, kalau mau berhasil mendapatkan pengunjung dan uang, tambah dengan kerja keras dan kerja cerdas..

Saran ini silakan diabaikan saja. Buat saran untuk diri sendiri yah.. hahahahah

Silahkan untuk berkomentar, siapa tau bisa saling kenal dan saling sharing. Sekedar tegur sapa dalam kolom komentar mungkin akan berlanjut untuk kopdar, sejatinya menjalin pertemanan itu lebih indah. Kalau pun ada kekurangan silahkan untuk kritik beserta sarannya. Jangan menyematkan link hidup di kolom komentar.
EmoticonEmoticon